Teori Pangea, Laurasia dan Gondwana

Dalam sejarah perkembangan planet bumi, sekitar 65 juta tahun lalu, laurasia merupakan moyang  benua-benua yang saat ini letaknya di sebelah utara ekuator (belahan bumi utara), meliputi eurasia, amerika utara, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Adapun Gondwana merupakan moyang kepada benua-benua di belahan bumi selatan, meliputi amerika selatan, afrika, sub benua india, australia, dan antartika, hingga terbentuklah benua-benua yang kita saksikan saat ini

Gondwana

250Ma_EarlyTr

peta_dunia

kerak bumi atau lapisan bumi bagian atas, pada dasarnya terdiri atas kerak samudera dan kerak benua. Kedua kerak ini bukanlah sesuatu yang kaku dan diam, tetapi terus bergerak aktif mengalami pergeseran hingga saat ini.

sbenarnya apa yang dimaksud dengan teori pangea dan gondwana? Teori pangea dan gondwana adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa jutaan tahun yang llampau, semua benua bergabung  dalam satu daratan besar yang disebut Pangea (info: benua sekarang ,terdiri dari 5 buah benua). Kemudian ,karena suatu alasan yang masih belum diketahui pasti, benua-benua tersebut pecah  dan mulai hanyut dalam arah yang berlawanan. Ternyata sejak zaman dulu, permukaan bumi yang diam ini telah mengalami perjalanan atau pergeseran yang jauh dari bentuk  asalnya. Di antara para ilmuwan yang memberikan gagasan tentang adanya pergeseran di bumi aitu Antonio Snidar – Pellegrini yang mengamati benua-benua afrika dan amerika selatan merupakan benua yang pernah bersatu.Seorang ahli ilmu cuaca dari Jerman yang bernama Alfred Wegener (1912), dalam teorinya yang terkenal iaitu teori pengapungan benua (Continental drift theory) mengemukakan bahwa sekitar 225 juta tahun lalu, dahulu,bumi baru ada satu benua dan samudra yang maha luas. Benua raksasa ini dinamakan pangea, sedangkan kawasan samudera yang mengapitnya dinamakan panthalassa.

peta

retr

Sedikit demi sedikit pangea mengalami retakan-retakan dan pecah. Sekitar beratus juta tahun yang lalu, benua raksasa tersebut pecah menjadi dua, iaitu pecahan benua di sebelah utara dinamakan laurasia dan di bagian selatan dinamakan gondwana. Baik laurasia maupun gondwana kemudian terpecah-pecah lagi menjadi daratan yang lebih kecil dan bergerak secara tidak beraturan dengan kecepatan gerak  antara 1 – 10 cm pertahun.

 http://183.81.166.117/forum.php?mod=viewthread&tid=667979

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s