Planet

1. MERKURIUS

Planet Merkurius000

Merkurius merupakan planet terdekat ke matahari dan merupakan planet terkecil di tata surya. Merkurius merupakan planet dalam  dan tergolong planet kecil yang tersusun dari batuan. Merkurius tidak memiliki satelit. Permukaan Merkurius sipenuhi oleh batuan kasar, gelap dan berpori. Perbedaan suhu harian yang sangat besar disebabkan karena planet ini tidak mempunyai atmosfer.

2. VENUS

Planet Venus000

Venus merupakan planet kedua dari matahari. Venus merupakan planet dalam yang tergolong kecil dimana tersusun oleh batuan, sama halnya dengan Merkurius. Venus merupakan salah satu planet yang letaknya paling dekat ke bumi. Setelah matahari – bulan, venus adalah benda langit ketiga paling terang di langit. Venus sering disebut sebagai bintang kejora pada saat Venus berada pada posisi elongasi barat dan disebut bintang senja pada waktu elongasi timur. Kecemerlangan Venus disebabkan pula oleh adanya atmosfer berupa awan putih yang menyelubunginya dan berfungsi memantulkan cahaya matahari. kedudukan Venus, bumi, matahari menyebabkan Venus telihat 3 jam sebelum terbit matahari dan 3 jam setelah matahari terbenam. Venus saat bulan purnama selalu redup, sebab berada di sisi berlawanan bumi, relative terhadap matahari.

3. BUMI

Planet Bumi001

Bumi merupakan planet ketiga dari matahari. Bumi termasuk kedalam golongan planet kecil dan merupakan pembatas antara planet dalam dan planet luar, seperti halnya Merkurius dan Venus bumi pun tersusu dari batuan. Bumi mempunyai satu satelit alam yang selalu beredar mengelilingi bumi yaitu bulan (the moon).

4. MARS

Planet Mars000

Mars merupakan planet keempat di tata surya. Mras merupakan planet luar yang terdekat ke bumi dan tergolong planet kecil,  Mars juga termasuk planet yang tersusun dari batuan, sama hal nya dengan Merkurius, Venus dan Bumi. Mars tampak merah di langit karena permukaan regolith limonit. Regolith adalah sisa batuan hancur berupa pasir yang mengandung senyawa silikat besi seperti karat yang disebut limonit. Mars tampak sangat jelas dari bumi setiap 2 tahun 2 bulan sekali yaitu pada kedudukan oposisi. Mars memiliki dua satelit alam yaitu Phobos dan Deimos, itu merupakan nama bagi kedua hewan peiharaan dewa romawi Mars. Keduanya adalah batuan – batuan kecil gelap dipenuhi kawah, kemungkinan asteroid tertangkap gravitasi Mars.

5. YUPITER

Planet Yupiter000

Yupiter merupakan planet kelima dari matahari, dan merupakan planet terbesar di tata surya. Yupiter termasuk planet luar yang tergolong ke dalam planet besar dan merupakan planet gas. Yupiter juga merupakan benda langit keempat paling terang di langit setelah matahari, bulan dan venus. Bahkan Yupiter 3 kali lebih terang dari bintang Sirius. Berbeda dengan planet dalam yang batuan, Yupiter adalah sebuah bola gas padat dan tidak mempunyai permukaan padat. Di yupiter badai – badai besar dan kuat selalu terjadi tiba – tiba. Jika badai kuat di bumi ditimbulkan oleh pemanasan matahari di atmosfer, maka badai di Yupiter ditimbulkan oleh gelembung gas panas yang mengalir ke permukaan dari bagian dalam planet. Gelembung – gelembung membawa panas dan membuat pusaran akibat angin yang bertiup dari dua arah yang berlawanan. Badai Yupiter yang sangat terkenal adalah Bintik Merah besar. Yupiter memiliki satelit, diantaranya Ganimedes, Calisto, Galilea, Io, Europa dan masih banyak lagi. Selain Saturnus yang memiliki cincin ternyata Yupiter pun memiliki cincin, namun jika dibandingkan dengan cincin Saturnus cincin Yupiter memang redup dan terbentuk dari materi yang gelap kemerah-merahan. Artinya, matri pembentuk cincin Yupiter bukanlah es seperti di saturnus melainkan batuan dan pecahan – pecahan debu (partikel pembentuk cincin Yupiter sangatlah kecil). cincin Yupiter merupakan cincin yang terbentuk dari satelit yang gagal, selain itu hasil pengamatan pesawat ruang angkasa Galileo juga menunjukan bahwa debu yang membentuk cincin berasal dari meteor yang menghantam permukaan satlit Yupiter.

6. SATURNUS

Planet Saturnus000

Saturnus merupakan planet keenam dari matahari dan merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Saturnus termasuk kedalam planet luar yang tergoong planet besar. Saturnus mempunyai 3 cincin tipis yang arahnya selalu sejajar dengan arah ekuatornya, yaitu cincin luar, cincin tengah dan cincin dalam. Saturnus memiliki satelit alam berjumlah sekitar 11 satelit diantaranya Titan, Rhea, Thetys, dan Dione.

7. URANUS

Planet Uranus000

Uranus merupakan planet ketujuh di tata surya.Uranus merupakan planet luar yang tergolong planet besar, Uranus merpakan planet dingin karena bagian – bagiannya mayoritas berupa es dan batuan, serta sedikit helium dan hydrogen. Uranus memiliki atmosfer yang jika diamati dari bumi tampak berwarna biru kehijaun. Warna tersebut berasal dari gas – gas metana dan hidrogen yang mendominasi atmosfer Uranus. Uranus memiliki system cincin yang rumit, cincin tersebut tersusun dari pertikel yang sangat gelap. Uranus memiliki 5 satelit alam yang mengelilinginya yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.

8. NEPTUNUS

Planet Neptunus000

Neptunus merupakan planet kedelapan dari matahari. Nepptunus merupakan planet luar yang tergolong planet besar, Neptunus juga merupakan planet yang dingin. Neptunus dinamai dari dewa lautan romawi. Struk internal Neptunus mirip dengan Uranus. Neptunus memiliki sebuah system cincin planet, meski kurang kokoh daripada Saturnus. Cincin tersebut terdiri dari partikel es yang diselubungi bahan berdasar silikat atau karbon yang member warna merah pada cincin. Neptunus mimiliki satelit alam yaitu Triton dan Nereid.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa Planet – planet yang ada di tata surya dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain sebagai berikut :

  1. Berdasarkan massanya, planet dikelompokan menjadi 2 macam dimana pembatasnya adalah sabuk asteroid / sabuk kuifer, yaitu :
    1. Planet bermassa kecil (inferior) = Merkurius, venus, Bumi dan Mars
    2. Planet bermassa besar (superior) = Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus
  2. Berdasarkan jarak ke matahari, planet dikelompokan menjadi 2 macam di mana bumi yang menjadi patokannya, yaitu :
    1. Planet dalam (interior) = Merkurius dan Venus
    2. Planet luar (eksterior) = Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus
  3. Berdasarkan komposisinya, planet dikelompokan menjadi 3 macam, yaitu :
    1. Planet terrestrial (batuan) = Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
    2. Planet Zovian (gas) = Yupiter
    3. Planet dingin = Saturnus, Uranus dan Neptunus

    *TAMBAHAN, Menurut saya, planet – planet yang tergolong besar itu memiliki cincin, hanya saja kadang dalam gambar – gambar cincin tersebut tidak terlihat, tapi lihatlah gambar dibawah ini :

Solar System005Solar System002

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s